RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 3 Pangsid
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Rupa ( Seni Lukis )
Kelas/Semester : IX (Sembilan)/genap
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran ( 5 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia
C. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
a.Menjelaskan Pengertian karya seni dua dimensi Seni Lukis dengan sikap Apresiatif
b.Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya seni lukis secara teliti
c. Membuat sketsa karya seni lukis dengan Kreatif
d.Membuat karya seni lukis dengan menggunakan alat dan bahan pilihan sendiri dengan Kreatif dan Inovatif
e. Memajang karya seni lukis dengan pigura secara Kreatif.
D. Materi Ajar :1. Pengertian Seni Lukis
2. Berkarya Seni Lukis
a. Membentuk gagasan Kreatif
b. Membuat Sketsa
c. Teknik Melukis
d. Memilih bahan
e. Tahap melukis
3. Pengembangan Seni Lukis unsur Nusantara
4. Pengembangan Seni Lukis unsur Mancanegara di Luar Asia
5. Pemajangan Karya Seni Lukis
E. Metode Pembelajaran : Model pendekatan : Demonstrasi, CTL dan life skill
F.Langkah-langkah Kegiatan:
PERTEMUAN I
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Menjelaskan Pengertian Seni Lukis
· Menjelaskan cara membentuk gagasan kreatif
· Menjelaskan cara membuat Sketsa
· Menjelaskan Teknik melukis
· Menjelaskan cara memilih bahan
· Menjelaskan tahap-tahap melukis
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN II
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Menjelaskan sambil demonstrasi cara membuat sketsa
· Memberikan / menunjukkan contoh membuat sketsa
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN III
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Memandu siswa menyelesaikan karya
· Menunjukkan contoh karya seni lukis
· Menjelaskan cara finishing Lukisan
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN IV
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Praktek dan penilaian
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN V
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Pemajangan karya dan penilaian
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
G. Sumber belajar: Buku teks, Media cetak, media audio visual, internet, pengalaman guru
H.
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN |
· Menjelaskan pengertian seni Lukis dengan sikap Apresiatif · Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya seni lukis secara teliti · Membuat sketsa karya seni lukis dengan Kreatif · Membuat karya seni lukis dengan menggunakan alat dan bahan pilihan sendiri dengan Kreatif dan Inovatif · Memajang karya seni lukis dengan pigura secara Kreatif | · Menjelaskan · Menjelaskan · Praktek · Praktek · Praktek | Tertulis / lisan Tertulis / lisan Menggambar Menggambar Menggambar | 1. Jelaskan pengertian seni Lukis ! 2. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya seni lukis ! 3. Buatlah sketsa karya seni lukis sesuai tema yang anda pilih ! 4. Buatlah karya seni lukis dengan menggunakan alat dan bahan sesuai pilihan anda ! 5. Buatlah pigura untuk karya anda dan pajanglah di kelas ! |
Lembar penilaian
Aspek-aspek yang dinilai | Kriteria Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Wawasan | |||||
Teknik | |||||
Kesan | |||||
Ekspresi | |||||
Estetika |
|
Rumus : SCOR NILAI : X 100
Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Pangkajene, Januari 2011
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. MULYADI, M.Pd MAHLUDDIN, S.Pd
NIP :19631231 198703 1 212 NIP: 19691212 199103 1 016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 3 Pangsid
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Rupa ( Seni Patung)
Kelas/Semester : IX (Sembilan)/genap
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia
C. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
a.Menjelaskan Pengertian karya seni tiga dimensi Seni Patung dengan sikap Apresiatif
b.Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya Seni Patung secara teliti
c. Membuat Kerangka dengan Kreatif
d.Membuat karya Seni Patung dengan menggunakan bahan dari ROTI TAWAR dengan Kreatif dan Inovatif
D. Materi Ajar :1. Pengertian Seni Patung
2. Fungsi Patung
3. Bentuk Patung
4. Teknik Pembuatan Patung
5. Membuat Rancangan Bentuk Seni Patung
6. Membuat Patung
E. Metode Pembelajaran / Model pendekatan : Demonstrasi, CTL dan life skill
F.Langkah-langkah Kegiatan:
PERTEMUAN I
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Menjelaskan Pengertian Seni Patung
· Menjelaskan Fungsi Patung
· Menjelaskan Teknik Membuat Patung dari bahan ROTI TAWAR
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN II
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Menjelaskan sambil demonstrasi cara membuat kerangka patung
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN III
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Memandu siswa menyelesaikan karya
· Menunjukkan contoh karya seni patung
· Menjelaskan cara finishing Lukisan
· Praktek dan penilaian
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
G. Sumber belajar: Buku teks Seni Rupa 3 ( Tiga Serangkai), Media cetak, media audio visual, internet, pengalaman guru
H.
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN |
· Menjelaskan Pengertian karya seni tiga dimensi Seni Patung dengan sikap Apresiatif · Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya seni patung secara teliti · Membuat Kerangka dengan Kreatif · Membuat karya seni patung dengan menggunakan bahan dari Roti Tawar dengan Kreatif dan Inovatif | · Menjelaskan · Menjelaskan · Praktek · Praktek | Tertulis / lisan Tertulis / lisan Praktek Praktek | 1. Jelaskan pengertian seni Patung ! 2. Sebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya seni Patung ! 3. Buatlah kerangka seni patung sesuai tema yang anda pilih ! 4. Buatlah karya seni patung dengan menggunakan dan bahan dari ROTI TAWAR ! |
Lembar penilaian
Aspek-aspek yang dinilai | Kriteria Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Wawasan | |||||
Teknik | |||||
Kesan | |||||
Ekspresi | |||||
Estetika |
|
Rumus : SCOR NILAI : X 100
Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Pangkajene, Januari 2011
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. MULYADI, M.Pd MAHLUDDIN, S.Pd
NIP :19631231 198703 1 212 NIP: 19691212 199103 1 016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 3 Pangsid
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Rupa ( Pameran)
Kelas/Semester : IX (Sembilan)/genap
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar : 1. Menyiapkan karya seni Rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar Sekolah.
2. Menata karya seni Rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar sekolah.
C. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
a.Menjelaskan bentuk-bentuk pameran dengan Cermat
b.Menjelaskan Tujuan Pameran dengan Apresiatif
c. Membuat Struktur kepanitiaan dengan Kerjasama
d.Membuat Persiapan Pameran sekolah dengan Kreatif dan Inovatif
e.Menyusun laporan Pameran sekolah dengan Teliti.
D. Materi Ajar :1. Bentuk- Bentuk Pameran
2. Fungsi Pameran
3. Tujuan Pameran
4. Organisasi Pameran
5. Tahapan Penyelenggaraan Pameran
6. Penulisan Proposal
E. Metode Pembelajaran / Model pendekatan : Ceramah,Diskusi, CTL dan life skill
F.Langkah-langkah Kegiatan:
PERTEMUAN I
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Menjelaskan Bentuk- Bentuk Pameran
· Menjelaskan Fungsi Pameran
· Menjelaskan Tujuan Pameran
· Menjelaskan Organisasi Pameran
· Menjelaskan Tahapan Pameran
· Menjelaskan cara penyusunan Proposal
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN II
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Pengumpulan Karya
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Pemberian tugas
PERTEMUAN III
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Memandu siswa menyeleksi karya
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya
· Pemberian tugas
PERTEMUAN IV
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Memandu siswa mengelompokkan karya
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Pemberian tugas
PERTEMUAN V
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Memandu siswa menata karya
c. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
PERTEMUAN VI
a. Motivasi dan Apersepsi
b. Kegiatan Inti
· Pameran dan Apresiasi
c. Kegiatan Penutup
· Mengevaluasi dan Refleksi
G. Sumber belajar: Buku teks Seni Rupa 3 ( Tiga Serangkai), Media cetak, media audio visual, internet, pengalaman guru
H.
INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN |
· Menjelaskan bentuk-bentuk pameran dengan Cermat · Menjelaskan Tujuan Pameran dengan Apresiatif · Membuat Struktur kepanitiaan dengan Kerjasama · Membuat Persiapan Pameran sekolah dengan Kreatif dan Inovatif · Menyusun laporan Pameran sekolah dengan Teliti | · Menjelaskan · Menjelaskan · Praktek · Praktek · Praktek | Tertulis / lisan Tertulis / lisan proposal Praktek Laporan tertulis | 1. Jelaskan Bentuk- bentuk pameran ! 2. Jelaskan Tujuan Pameran ! 3. Buatlah Struktur Kepanitian dalam rangka persiapan pameran ! 4. Susunlah laporan kegiatan pameran dalam bentuk makalah! |
Lembar penilaian
Aspek-aspek yang dinilai | Kriteria Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Kesesuaian Tema | |||||
Kerjasama | |||||
Penataan Karya | |||||
Kualitas | |||||
|
Rumus : SCOR NILAI : X 100
Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Pangkajene, Januari 2011
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. MULYADI, M.Pd MAHLUDDIN, S.Pd
NIP :19631231 198703 1 212 NIP: 19691212 199103 1 016
0 comments:
Posting Komentar